Beranda Manokwari Potensi Investasi Kabupaten Manokwari di Sektor Perikanan

Potensi Investasi Kabupaten Manokwari di Sektor Perikanan

103
0
Ikan Cakalang
Hasil terbesar dari sektor perikanan Manokwari adalah hasiltangkapan Ikan Cakalang - Sumber Foto: Ist
Share

Potensi Investasi Kabupaten Manokwari di Sektor Perikanan

Hasil produksi perikanan keseluruhan di Kabupaten Manokwari yaitu 2.463,92 ton dengan hasil terbesar adalah tangkapan ikan cakalang dengan total tangkapan sebesar 329,13 ton.

Kemudian tangkapan ikan layang sebesar 319,58 ton, ikan tuna sebanyak 310,41 ton, ikan tongkol sebesar 222,33 ton.

Konektivitas Antar Daerah Penagkapan, Sentra Perikanan dan Pemasaran

Perairan di sekitar Pantai Utara Manokwari belum dimanfaatkan secara optimal sebagai daerah penangkapan ikan oleh nelayan di Manokwari.

Sebagian besar rakit dan rumpon ditempatkan pada posisi yang dekat perairan yang dekat ke Kota Manokwari, hal ini di karenakan pertimbangan kedekatan jarak akses dari pangkalan (fishing base) ke daerah penangkapan.

Pada perairan yang ke arah barat atau perairan di sekitar Pantai Utara  Manokwari hampir tidak ditemukan alat bantu pengumpul ikan (rumpon) yang ditempatkan oleh nelayan, padahal pada perairan tersebut dapat menjadi daerah penangkapan  ikan-ikan pelagis kecil (ikan layang dan ikan kembung).

Perancangan lokasi setara perikanan di Pantai Utara Manokwari diusulkan berada di daerah sekita Nuni. Pada lokasi tersebut terdapat cekungan atau teluk kecil yang dapat menjadi lokasi pangkalan pendaratan ikan (PPI).

Lokasi tersebutsangat strategis ditinjau dari jarak jangkauan ke daerah penangkapan ikan (fishing ground) di daerah perairan utara Manokwari.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here