Beranda Fakfak Potensi Investasi Kabupaten Fakfak di Sektor Perkebunan

Potensi Investasi Kabupaten Fakfak di Sektor Perkebunan

127
0
Pala adalah komoditas unggulan di sektor perkebunan Kabupaten Fakfak - Sumber Foto: khasiat.co.id
Share

Potensi Investasi Kabupaten Fakfak di Sektor Perkebunan

Area perkebunan di Kabupaten ini didominasi oleh perkebunan pala dengan luas area mencapai 16.733 ha yang tersebar di 15 Distrik dengan hasil olahannya berupa: pala kulit, ketok, fuli dengan hasil produksi mencapai 1.228 ton/ tahun.

Selain perkebunan umbi-umbian di Fakfak juga terdapat perkebunan durian (267 ha) yang tersebar meliputi Distrik Kramongmongga, Fakfak Tengah, Fakfak Barat, dll. dengan hasil mencapai 905 ton/ha/tahun.

Perkebunan Kayu Putih juga ada di Kabupaten ini dengan luas area mencapai 1000 ha terletak di wilayah Distrik Bomberay. Selain Perkebunan Kayu Putih di Distrik Bomberay juga terdapat perkabunan Kelapa Sawit dengan luas area 100.000 ha.

Kelapa Sawit merupakan komoditas unggulan kedua di Kabupaten Fakfak – Sumber Foto: liputan6.com

Selain itu di Fakfak juga terdapat Perkebunan kelapa dengan luas area 652 ha yang tersebar di 8 Distrik kecuali Distrik Karas; kakao 163 ha tersebar di 7 Distrik kecuali Karas dan Bomberay; cengkeh 156 ha tersebar di 7 Distrik kecuali Karas dan Bomberay; perkebunan kopi luas area 60 ha tersebar di 7 Distrik kecuali Karas dan Bomberay serta perkebunan jambu mete dengan luas area 113 ha terdapat di Distrik Fakfak Timur dan Bomberay.

Untuk mengolah hasil yang di Kabupaten Fakfak juga terdapat Industri pengolahan Manisan, Dodol dan Sirup di Teluk Patipi dan Kokas.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here